"Mengenal Teknologi Motor Honda Di Indonesia"
Mengenal Teknologi Motor Honda di Indonesia - Sobat tentu tidak asing dengan Honda.Brand dari negeri Sakura ini memang sudah mendunia, apalagi di negeri kita ini dari kota sampai ke pelosok desa pasti sudah mengenal brand yang berlambang sayap kiri ini.Banyak kita jumpai dijalan-jalan produk dari honda ini,mulai dari yang paling tua sampai yang terbaru.
O ya sobat,ngomong-ngomong bicara soal teknologi motor honda udah pada tahu pa belum,terutama yang telah beredar di Indonesia?Seperti kita ketahui bersama motor honda terkenal dengan keiritannya, bahkan sampai sekarang belum ada pabrikan motor lain yang mampu menandingi keiertannya.Daripada nanya-nanya disini coba akan saya berikan sebagian daripada teknologi motor honda dari awal....ok, langsung aja kita simak......
1.Econo Power (1981-1988)
Ini adalah teknologi honda generasi pertama,fitur yang ada pada teknologi ini yaitu pada dapur pacunya memiliki ruang bakar yang lebih sempurna,sistem pemasukan bahan bakar lebih lancar dan mulai di aplikasikan di motor bebek Super Cup C700, Dan pada perkembangannya terdapat penyempurnaan yaitu timing diagram lebih akurat dan tepat karena sudah menggunakan CDI,Ditambah lagi kapasitas mesin yang lebih besar yang diaplikasikan di motor astrea prima.
2.Fuel Efficient Engine (2002)
Untuk generasi ini, banyak sekali fitur yang disematkan daripada generasi sebelumnya. Diantaranya pada sistem bahan bakar terdapat throttle switch system,fuel auto valve.Pada mesin sudah memakai piston yang dilapisi molybdenum,mekanisme katup pakai roller rocker arm, rantai kamrat type silent cam chain,off set poros engkol dan automatic decompression system dan sudah menggunakan battrei kering.Aplikasi pada Honda Karisma.
3.PGMFI(Programmed Fuel Injection) (2005)
Pada generasi ini, pengaturan bahan bakar sudah tidak menggunakan karburator lagi, tetapi sudah diganti dengan injeksi,yaitu pemakaian pompa bahan bakar untuk memampatkan bahan bakar yang kemudian di kabutkan dengan injektor.Dan tentunya setelah diatur dengan rangkaian sensor-sensor. Diantara sensor-sensor itu antara lain:MAP,IAT,EOT/ECT,O2,BAS,TP,IACV yang mana diantara sensor-sensor itu ada yang menyatu dengan throtle body dan ada yang berdiri sendiri. Yang insya Allah akan kita bahas pada kesempatan yang lain. teknologi ini mulai di sematkan pada honda Supra X 125.
4.Efficient Low Friction Technology(EFT) (2012)
Pada perkembangan teknologi generasi ini, sudah mengarah pada penyempurnaan komponen yang ada yaitu rocker memakai bearing,SASS,off set silinder,piston bertekstur,kunsi kontak berpengaman,back piston oiul jet cooling.Aplikasi pada motor new absolute Revo.
5.Enhanced Smart Power(ESP) (2012)
Ini adalah teknologi generasi andalan honda,fitur-fiturnya antara lain ACG - starter, offset silinder dan spiny sleeve,piston lebih ringan,ruang bakar mesin lebih kompak,pake pendingin radiator, dan diaplikasikan pada motor Vario.
6.Idling Stop System (ISS) (2013)
Ini adalah salah satu fitur dari teknologi honda yang belum dimiliki kompetitornya.Teknologi ini membuat bahan bakar lebih irit 16% dari motor yang tidak menggunakan ISS, sebenarnya sudah di aplikasikan pada honda PCX, namun lebih diketahui oleh publik sejak disematkan pada honda vario 125.
Demikian sobat sekilas mengenai mengenal teknologi motor honda,simak terus blog ini untuk mendapatkan info honda lainnya,insyaAllah akan terus saya update......matur thanxs
No comments:
Post a Comment