Tuesday, July 28, 2015

Solusi Jitu Honda Verza Mesin Mati-Mati

                                                                                 

''Solusi Jitu Honda Verza Mesin Mati-Mati ''


Halo sobat..! ketemu lagi dengan  Jaya tentunya dengan trik -trik motor honda terbaru.Kali ini Faiha akan berbagi kepada sobat semua yang barangkali pernah menemui trobel ataupun masalah dengan motornya.Nah pada kesempatan kali ini motor yang akan kita bahas yaitu motor honda Versa.Motor sport kepunyaan honda ini merupakan motor yang murah meriah dengan harga yang sangat terjangkau.Bayangkan saja dengan harga kisaran 17 jutaan untuk versi spoke dan 18 jutaan untuk versi case wheel. Namun bukan berarti harga yang murah itu mengindikasikan bahwa motor ini memiliki kualitas yang murahan.Dengan teknologi injeksi yang disematkan menunjukkan bahwa motor ini memiliki kualitas yang tak kalah dari lawan lawannya.

 Namun bukan berarti meski memiliki kualitas yang baik tetap saja bisa mengalami kerusakan. Nah salah satu permasalahan yang Faiha temui yaitu mesin sering mati mati. Dan gejala yang timbul pun bervariasi, dan berikut ini Faiha paparkan gejala - gejala yang timbul beserta pemecahannya...semoga bisa membantu memberikan solusi bagi sobat semua yang mengalami permasalahan dengan motornya...

1.Mesin tiba - tiba mati saat motor di jalankan,dan bisa dihidupkan lagi tanpa meng OFF kan kunci kontak dan meng ON kan kembali.tanpa disertai kedipan indikator MIL .

Untuk gejala ini coba sobat cek kondisi busi, kemungkinan busi dalam keadaan setengah mati.

2.Mesin tiba - tiba mati,disertai kedipan MIL dan mau di hidupkan lagi bila kunci kontak di OFF kan , lalu di ONN kan.

Inilah inti dari info Jaya pada postingan kali ini, pada gejela ini biasanya mesin motor akan mati - mati denagan frekuensi yang sering. Biasanya interfal jalan 50-100 meter motor mati mati disertai kedipan MIL  sebanyak 12 kedipan. Dan untuk menghidupkan mesin harus memutar kunci kontak ke posisi off dan meng onn kan lagi  mesin baru bisa di hidupkan. Nah untuk solusi kasus ini sudah di pastikan ECU motor bermasalah dan harus di lakukan penggantian.Namun sobat tak perlu khawatir karena Honda telah memberikan jaminan garansi 5 tahun untuk komponen injeksi.Dan ecu disini adalah salah satu komponen tersebut.Sobat cukup lakukan claim garansi ke bengkel resmi honda terdekat untuk di lakukan penggantian tanpa harus merogoh kocek.

berikut penampakan ECU:                                                                                                                                                                                                            
                                                                                     



Demikian sobat info dari Jaya , smoga bernanfaat.........
                                                                                 

13 comments:

  1. Honda versa Saya sudah diganti fuelpump sama ecu tp klo di lampu merah mau jalan itu nendadak mati itu kanapa yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cba lakukan reset reset ecu terlebih dahulu..maksimalkan software,kalo msh belum fix,cek busi,cob busi..ato putaran putaran stasioner terlalu rendah kemungkinan..setel ulang pembukaan angin pada throtle body....moga berhasil

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Honda verza Saya mengalami hal berikut, saat lewat polisi tidur telat menurunkan persneling dan mesin mati. Cukup lama utk menghidupkannya lagi karena tidak ada kompresi saat di engkol dan membutuhkan ±15 menit utk bisa hidup. Tokcer kok mesin hidup kembali perjalanan bisa dilanjutkan.
      Analisa saya ;
      1. Telah terjadi over head terhadap mesin
      2. Telat memindahkan gigi saat lewati polisi tidur akan berimbas pada bahan bakar di ruang bakar menjadi kaya (banyak) namun tidak diimbangi oleh pengapian busi yg tepat/telat maka motor mati.

      Delete
  2. Honda verza saya mendadak mati.. distarter susah dan di kickstarter sprti tdak ada tekanan itu karna apa ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya analisa,dikickstarter sprti tidak ada tekanan,kemungkinan tekanan kompresi mesin bocor..cb cek renggang kelep kmungkinan terlalu rapat...

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan motor verza saya lg ngadat. Saya stater dan kickstater pun susah bgt hidup nya. Kadang dpt hidup ga lama mati sendiri terus susah lagi idupin nya

      Delete
  4. Gan mau tanya, saya punya verza di stater nyala kan abis tuh kalau di gas pasti mati kenapa ya? Fuel pum ak udah bersihin, apalagi ya?

    ReplyDelete
  5. Coba cek tekanan fuel pump ...standar tekanan >> 3kg/cm2 atau 43 psi atau 294 kpa,ato minimal diatas 200 kpa, kalo nrmal reset ECM,ato paling simpel ganti busi dahulu ...moga membantu

    ReplyDelete
  6. @Theo Yanuar coba agan reset ecu..kmungkinan trjadi error pa sensor injektor....

    ReplyDelete
  7. Mau tanya gan.
    Motor versa saya tiba-tiba mogok dan setelah di cek api dari kuil tidak ada kemudian saya cek kuil, aki, sama CDI dan semua normal. Injeksi semua suda di cek dan normal.
    Itu apanya yang rusak ya gan?
    Mau ganti spul tapi takutnya bukan itu permasalahannya.

    ReplyDelete

Penyebab Dan Solusi Spedometer Honda Vario 125 ESP Tidak jalan

Halo sobat Jaya semuanya,gimana kabarnya....saya harap dalam keadaan sehat dan baik baik saja.Oya pada kesempatan kali ini ijinkan saya tuk ...