Sunday, September 24, 2017

Mengenal Komponen Sensor Injeksi Motor Honda

      Apa kabar sobat semua,jumpa lagi dengan Jaya...o ya setelah sekian lama alhamdulillah bisa kembali menjumpai sobat semua lewat blog ini.Pada kesempatan kali ini Jaya akan mencoba  berbagi pengalaman ,khususnya dari tips dan triks otomotif mudah - mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sobat, pada kali ini Jaya akan mencoba membahas tentang Teknologi sepeda motor Honda.Sebagai merk kendaraan roda dua yang menguasai pasar motor di tanah air,Honda selalu berinovasi dengan teknologinya. Dan salah satu yang popular yaitu teknologi injeksi.Maka dari itu Faiha akan mencoba  membagikan informasi tentang Mengenal Komponen Sensor Injeksi Motor Honda ..

Perlu sobat ketahui bahwa sistem injeksi ini menggunakan sensor - sensor  pada sistemnya, dan berikut ini beberapa diantaranya :

1.Throtle Position
Sensore ini berfungsi mendeteksi sudut pembukaan katup throtle lalu mengirim data ke ECM untuk di kalkulasi berapa besar bahan bakar yang akan di semprotkan.Jika sensore ini rusak motor masih bisa hidup tetapi akan mengalami gangguan seperti susah stasioner ,boros bahan bakar,dan munculnya kedipan pada MIL di dashboard spedo.

www trikhondabaru.tk


2.ECM [Engine Control Module]
 Pada mesin injeksi ,komponen ini bisa di katakan sebagai otaknya motor.Karena semua system injeksi bermuara padanya.Dia akan menerima dan mengirimkan sinyal atau perintah pada komponen system yang lain.
ECM biasa disebut juga dengan Prosesor semua program PGM-FI. Sistem PGM-FI disini memiliki fungsi untuk mengatur waktu pengapian yaitu pengatur waktu kapan Injector akan menyemprotkan bahan bakar, mengatur campuran udara dan bahan bakar yang ideal yang sesuai dengan temperature mesin bahkan sampai hasil sisa pembakaran komponen tersebut selalu mendapatkan laporan dari sensor yang lainnya untuk memberikan yang terbaik untuk mesin. Apabila sistem ECM ini mengalami rusak maka pada motor akan mati total.

www trikhondabaru.tk


3.CKP[Crankshaft Position]
Sensor CKP ini memmiliki fungsi untuk medeteksi keberadaan poros engkol yakni dimana sensor tersebut selalu mengirimkan sinyal ke ECM dan kemudian ECM menentukan kapan waktunya pengapian dan kapan waktunya bahan bakar di Injeksikan melalui komponen Injector. Bila sensor CKP mengalami kerusakan maka ECM tidak dapat menerima data dari Sensor CKP dan ECM tidak mau berfungsi dan akibatnya engine akan mati.
www trikhondabaru.tk

4. Injector
Injector memiliki fungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan mengganti partikel bahan bakar menjadi kabut. Bahkan pada injector di sistem PGM-FI ini dapat membuat bahan bakar terhalus sedunia, karena hal ini memiliki lubang yang berukuran diameter 0.152 milimeter pada motor supra X 125 cc.


5. Throttle Body
Pada Throttle Body didalamnya terdapat tiga sensor yakni sensor MAP, sensor TP dan sensor IAT.
  • Sensor MAP memiliki fungsi untuk pendeteksi tekanan udara yang akan masuk melalui intake manifold jika sensor tersebut rusak mesin masih bisa bekerja dengan baik/normal.
  • Sensor TP memiliki fungsi untuk pendeteksi sudut pembukaan throttle ketika kabel gas kita putar, kemudian mengirimkan sinyal pada ECM, seberapa banyak bahan bakar yang harus di Injeksikan. Jika sensor ini mengalami kerusakan maka mesin akan tidak normal melemah.
  • Sensor IAT memiliki fungsi untuk mendeteksi suhu udara yang masuk melalui Intake manifold, bila sensor tersebut mengalami kerusakan engine masih dapat bekerja dengan normal.
6. Sensor Engine Oil Temperatur ( EOT ) Dan Sensor Engine Coolant Temperatur[ECT]
Kedua sensor tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk mendeteksi suhu mesin, namun sensor ECT ini di pasang pada mesin berpendingin radiator dan EOT pada mesin berpendingin udara seperti motor supra X 125 PGM-FI.


7. Sensor O2
Sensor ini memiliki fungsi untuk mendeteksi kadar O2 tepatnya di hasil buang sisa pembakaran, sensor tersebut juga akan selalu mengoreksi dan melaporkan ke pada ECM untuk selalu membuat campuran bahan bakar dan udara selalu ideal dalam setiap proses pembakarannya.


8. Sensor Idle Air Control Valve ( IACV )
Sensor ini memiliki fungsi seperti choke otomatis dan memudahkan penyalaan mesin pada waktu pertama kali dihidupkan.
9. Sensor Bank Engale
Sensor Bank Engale merupakan sensor untuk kemiringan 60 derajat, dengan adanya sensor tersebut mesin akan mati apabila mengalami kemiringan sampai 60 derajat, sensor ini berfungsi ketika motor terjatuh.

10.VS speed [Sensor Kecepatan]
Sensore ini sebagai pengganti dari kabel speedo dan fungsinya membaca kecepatan kendaraan dan mengirimkannya ke ECM yang kemudian di tampilkan ke dashbord speedo. 

Demikianlah info dari Jaya..semoga bermanfaat..


No comments:

Post a Comment

Penyebab Dan Solusi Spedometer Honda Vario 125 ESP Tidak jalan

Halo sobat Jaya semuanya,gimana kabarnya....saya harap dalam keadaan sehat dan baik baik saja.Oya pada kesempatan kali ini ijinkan saya tuk ...